2017/07/08

MysMe: Who Plays Otome Games at 3PM?

Adios! Akhirnya liburan panjang juga, setelah melewati semester yang bener-bener bikin sakit kepala. Akhirnya free! Jadwal tidur yang berantakan pun akhirnya dimulai lagi. Sekarang mau ngereview game yang namanya Mystic Messenger. Iya tau udah telat, telat banget. Bahkan sekarang, Mystic Messenger udah Anniversary yang pertama! Yay, anggap aja selebrasi. Yang udah main game-nya, selamat! Yang belum, boleh dicoba, siapa tau bakal ketagihan?


Game buatan Cheritz asal Korsel ini (iya Korea Selatan, jadi yang nganggep ini game otome Jepang biasa, kalian salah! Hayo, siapa yang mau chat sama oppa dalam bentuk 2D?) bisa didownload di Playstore ataupun Appstore. Bahasanya bisa Inggris, bisa Korea. Ukurannya kira-kira 1GB, dengan in-app purchase, disini 'mata uang'-nya dalam bentuk hourglass.

Inti dari permainan ini, tentu aja kayak main game otome biasa, yaitu merebut hati dan cinta salah satu karakter yang ada, anggota RFA! Untuk game-playnya sendiri bisa diliat nih, di channel youtube-nya Cheritz, promo video dibawah.


---
Apasih yang ngebuat Mystic Messenger ini beda dari otome game yang lain?
Yang bikin beda, Mystic Messenger ini unik banget gameplaynya, disini formatnya kayak dunia nyata. Setiap harinya selama sebelas hari, kita bisa ngechat, teleponan, balas pesan, sampai balas-balasin email, profil status para karakter tiap harinya juga beubah-ubah. Jadi, makin susah lepas dari hape deh. Udah liat kan video diatas? Jangan lupa juga, disini si pemain bisa milih nama sendiri, dan nanti karakter akan manggil pemain dengan nama itu, jadi jangan takut dicuekin dan bakal berasa nyataaa.

Karakter keren dengan berbagai story yang berbeda.
Ini juga bikin penasaran banget. Sampai saat ini, ada lima rute yang ada dalam Mystic Messenger. Lima rute itu dibagi menjadi casual story dan deep story. Masing-masing karakter punya ceritanya sendiri, yang nantinya bakalan terhubung sama RFA dan kalian sebagai main character. Jadi diawal game, harus nentuin dulu nih, karakter mana yang kalian suka.




Disini gabakal bahas banyak tentang karakter karena ini game emang udah mainstream banget. Kalo dijelasin semua ntar jadi spoiler juga, ehe.

Di casual story, di paling atas rambut kuning, kita punya Yoosung Kim, dia itu salah satu mahasiswa yang hobi banget main game, Yoosung juga bisa masak, ya harus bisa karena emang dia ngekost. Yoosung ini orangnya easy-going, jadi kalo menjalani rute doi, asik-asik aja. Kemudian ada Zen, mata merah cerah, rambut perak ini seorang musikal aktor, tampan sudah so pasti, dan suaranya bagus bangeet (selera pribadi) rasanya kalo ditelpon doi, bikin meleleeeeh, trus kayaknya, Zen ini member RFA yang paling romantis. Dan yang paling terakhir, ada mbak Jaehee Kang. Iya, doi cewek. Jaehee ini suka banget sama liburan saking sibuknya, dia kerja di perusahaannya Mr. Han, sebagai sekertaris.Oh iya, rute Jaehee ini bukan berarti kita bisa love-love-an sama sesama cewek, tapi murni friendship! Jaehee juga ngefans banget sama Zen.

Di deep story, rambut hitam ada Jumin Han. Doi itu bosnya Jaehee, orang yang dari lahir sudah terlahir kaya dan tampan. Jumin ini cintaaaa banget sama kucing. Ikut rute Jumin, dijamin akan menjadi orang terbahagia didunia, iya gimana ngga bahagia? Spoiler spoiler. Yang terakhir ada 707! Alias Seven alias alias alias. Seven ini hacker, tapi dia orang yang ceria, bahkan terkenal sebagai memelord. Rute Seven ini biasanya diambil terakhir, karena semua rahasia-rahasia akan terkuak dirutenya!

Selain lima karakter utama diatas, pastinyaa ada karakter pembantu. Siapa aja? Sila main gamenya sendiri. Ngga seru kalo diceritain. Tiap karakter punya karakterisasi yang unik, didalam game, dijamin bisa blusing, ketawa, bahkan nangis-nangis sendiri tiap ditelpon atau pas chatting. Akhir cerita, kalian bakal dapat 'ending' yang beda, tergantung kalian memperlakukan karakter. Misal kalian masuk rute Jumin, tapi kalian genit-genit ke Zen, bakalan dapet bad ending nih dari Jumin, entah dicerai atau dibuang atau apa. Setiap karakter punya tiga ending yang berbeda. Banyak pilihan.

--

s p o i l e r  a l e r t (maybe)

Sekarang, saya lagi jalain rute 707! Waktu ngetik ini, udah day-6. Sdih juga sebenernya ngelewatin rute Yoosung sama Jaehee, tapi emang saya penasaran banget buat main rute Seven, pengen mengenal doi lebih jauh hehehehe, eh.



Diatas itu tampilan homepage sama riwayat telepon punya sayaa, itu ada panggilan tak terjawab dari Zen, jadi sedih kan. Kalau mau nelpon balik, harus bayar pake hourglass (hourglass cuma ada 70 tuh punya saya, hiks). Biasanya para karakter nelpon waktu habis chattingan, kalo nelpon balik sih, bisa kapan ajaa. 



Nah kalo yang diatas itu, tampilan chat, tinggal klik, dan nanti muncul para karakter yang siap nanyain kita udah makan atau belum. Yang sampingnya lagi itu profil karakter, kebetulan aja nge-screenshot Jumin, soalnya dia lagi majang gambar Elly, statusnya juga lagi bagus dan bijak, biasanya cuma ngomongin kucing sama wine-nya sih. Daan yang lainnya, silahkan dicoba sendiri. Asik, gampang banget dipahamin kok. 



Itu ada contoh saat karakter nelpon kita. Itu Seven yang nelpon, suaranya lucuuuuu. Trus dia menghawatirkan kita juga, so sweet deh. Nah disampinya foto album, isinya foto-foto member. Itu sistemnya dikoleksi. Zen udah paling banyak karena dia emang doyan selfie, cuci mata.


 

Ini dia tampilan chatroom dan visual novel-nya. Gambarnya bikin cuci mata banget kan? Dichatroom juga, kita udah dikasih pilihan buat jawab kok, jadi nggak perlu susah-susah ngetik juga. Afterall, ini discreenshoot dari rute Seven. Rute Seven ini paling complicated pokoknya. Harus semangaaat!! Ngumpulin guest sampai hari kesebelas selesai, doakan semoga dapet good-end yaa.

Gimana, tertarik buat nyobain main buat yang belum? Yang udah, ceritain dong rute apa yang paling kalian suka. Hehehe. Adios! Selamat bermain, jangan nge-cheat yaaa. Selamat menikmati kemesraan, kesedihan, dan kegembiraan bersama Mystic Messenger! 

12 comments:

  1. OTW DOWNLOAD !!!!
    kok jaehee ganteng ya ? *pa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya keliatannya ganteng, rambutnya pendek sih ><

      Delete
  2. Meutia, your Princess Jasmine is now ready at https://thebeautyofsplendid.blogspot.my/2017/07/princess-jasmine-doodle.html

    ReplyDelete
  3. Oh God! Kayaknya main ini jadi gak ngerasa jomlo yak? Hp bunyi mulu.

    Enak itu ada yang perhatian meskipun cuman game hehehe

    ReplyDelete
  4. download this one for a longggggg time ago.. and still have it in my phone... but I always reset the game.. because have no times and the timeline TT^TT

    anyway I really love 707 XD ahahahahahaha (dang it.. I saw it.. the spoiler.. close my eyes.. will not read this one) XD owh and really love Saeran and V :'( [I didn't play the route yet... but yeah... I really like them the first time I play that]

    one time it end but without Saeran, ya know... well no spoiler here XD ahhahaha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yeah me tooo! I just hate when I have no time but the chats keep asking me to answer all of them.

      V's route is coming out soon!!

      Delete
  5. YaAllah gemes banget game ini, karakternya oke oke jugaa

    ReplyDelete

Have something to say? Fire away! Let's discuss together.