2017/10/28

My First Doujinshi Ever

It's been a long time nggak nulis disini lagi. Sekalinya nulis, mau pamer sesuatu yang baru aja dibeli. Sesuai dengan judul, kali ini mau pamer doujinshi. Apa itu doujinshi?
Dōjinshi (同人誌, sering ditransliterasi menjadi doujinshi) adalah istilah Jepang untuk karya-karya yang diterbitkan sendiri, biasanya berupa majalahmanga, atau novel. - Wikipedia
Jadi, doujin itu semacam karya indie, yang diterbitin sendiri. Biasanya tokoh dari doujin itu original chara dari suatu judul. Semacam fanart? Correct me if I'm wrong. Nah, doujin yang bakal dipamerin kali ini, dan berhubung ini doujin pertama, jadinya bakal berkesan banget. Doujin buatan dinosaurusgede dari fandom Hetalia: Axis Powers.




Itu sneak-peek-nya. Sebenernya, doujin mbak dinosaurusgede ini emang udah lama banget dipublikasikan di devianArt, nah, baru-baru ini, ternyata ada orang baik yang berbaik hati bikin versi cetak-nya.

Nostalgia. Dulu (sekitaran 2011?) kerjaannya browsing-browsing dA buat nge-save-in gambar-gambar Hetalia buatan para artist. Kebetulan banget nemu ini komik. Gambarnya bagus banget, excited, apalagi tokoh utamanya Netherlands, tokoh favorit. Flashdisk yang dulu keformat juga isinya save-an doujin ini di warnet, sayangnya keformat pas mau dibaca ulang.

Doujin yang judulnya 'Maaf' ini, punya genre hurt/confort dan sedikit berbumbu comedy, meski ada yang dark juga. Ceritanya tentang sejarah Indonesia mulai dari abad ke 14 sampai ke world war II. Ini best doujin ever. Walaupun sejarah, tapi nggak ngebosenin karena emang gambarnya bagus banget. Ceritanya asik. Dulu sampe nangis-nangis sedih karena ceritanya yang begitu. Sejarah itu kejam?

-

Jadi ceritanya, gimana bisa dapetin doujin ini? Sekitaran 2 minggu yang lalu, sempet ada orang yang post di facebook kalau doujin ini naik cetak. Langsung excited. Nabung. Agak telat dapet karena emang ikut batch dua. Pas kemarin pada waktunya, akhirnya dapet deh versi cetaknya. 




Isn't the best feeling ever? Ketika dapet paket yang emang udah diincer sejak dulu kala dan perjuangan nabung yang berat? Pas megang rasanya happy banget. Dapet bonus sticker dan bookmark-nya juga. Indonesia-nya lucu. 

Btw, doujin Maaf ini udah terdiri dari banyaaaaaaaaaaak chapter. Ada 11 chapter yang dipublish lewat dA, tapi doujin ini hanya mengcover chapter 3, judulnya Spice Wars. Emang chapter ini semacam 'permulaan' kenapa Netherlands dateng ke Indonesia dulunya.


Front cover dan back cover. Kertasnya laminasi, tebel. Dalemnya juga. Worth it buat koleksi banget. Semoga nggak menguning kalo disimpen di lemari ya. Abaikan tangan juga. Nggak aesthetic ya.

Tebal komik ini 100+ page, dilengkapi ttd juga walau tanpa nama. Harganya 125ribu belum sama ongkir. Mau juga? Boleh dibuka akun dA-nya mbak dinosaurusgede atau komen dibawah. Hehehe.


Also, you can see pirate!England here. Chapter 3 emang terbaik. Walaupun feels sebagai NethIndo shipper ada di chapter 1. Tapi sumpah suka banget. Penambah asupan.

Disini nggak bakal ngulas cerita dari 'Maaf' ya. Maaf hehe. Langsung aja cus baca langsung di devianArt dan rasakan keindahan gambar dan ceritanya. Full english. 

Terimakasih dah baca. Btw, ada yang punya tips gimana cara nyimpen buku biar kertasnya nggak menguning? Boleh komen dibawah dong. :) Best regards.

9 comments:

  1. Best post. Enter bit.ly/yy5281mx6 and win the prize!

    Ann

    ReplyDelete
  2. Versi cetak indonya juga pake bahasa inggris? pengen ih ;-;

    ReplyDelete
  3. iyaaa. soalnya katanya lokalisasi dari english > indo susah gituu hehe ayoo dibeli

    ReplyDelete
  4. i used to get so excitd when i got this too long time ago. hehe

    ReplyDelete
  5. Balasan Blogwalking ^^/ Waah penggemar fandom Hetalia juga~ Aku kemarin lihat komik ini di facebook. Sempet kepincut mau beli tapi nggak jadi :")

    ReplyDelete
  6. never had doujinshi.. wish to have one. hikshiks
    apapun, singgah dari Malaysia nih :D

    ReplyDelete

Have something to say? Fire away! Let's discuss together.