2020/05/25

Eat Up All Those Haters! D-2 by Agust D

It's still rebahan season, what do you guys listen to when you are bored and don't have nothing to do? For me, of course; listening to the music. Barusan ini, musisi favorit dengan tiba-tiba posting countdown misterius via Twitter, dan ternyata tak lain dari, ya, dropping his second mixtape. Nangis bahagia. 



Ini sebenernya cuma curhat aja. 

I personally have internal crush on him. Walaupun bias sebenernya adalah oldest hyung dari BTS, tapi entah kenapa lagu-lagu gubahan SUGA ini ada tempat spesial di hati. Dari nemenin galau di pagi hari sampai liriknya ditulis di lembar skripsi. I received a lot of comfort and excitement from him, from his song.

Dan tepat pada tanggal 22 Mei 2020 kemarin dia, under the name of Agust D (SUGA from D' Town) keluarin mixtape-nya. Bayangin. Ada sepuluh lagu yang bisa didengerin secara gratis. Gratis cuy bahkan disediain link download-nya juga (ya namanya juga mixtape!)


"woo woo, who says time is money? my time is worth more than that."

Of course yang pertama diliat adalah music video, kali ini yang dijadiin music video adalah track ke-2 yang dikasih judul 'Daechwita', I can't tell betapa bagusnya music video kali ini, the cinematography is beyond amazing ala-ala Korea jaman dulu. Musiknya luar biasa? Gila emang. Better see yourself, udah ada lirik English-nya juga. Sebenernya diriku juga masih menerka-nerka arti dari MV-nya.

Daechwita is a traditional form of Korean music which used to be played upon a kings arrival meaning to show off the kings power. Basically Yoongi's song is about how he went from rags to riches and now they should play Daechwita wherever he goes so that haters know who's king.

He's indeed the king.

Btw, bisa ditonton juga MV shooting skecth, ini bagus banget setting nya teryata real. Background talent-nya lucu hahahaha. Bisa ditonton disini.

Selain Daechwita ini, selain 8 track lain, yang paling suka suka banget banget adalah 'What do you think?' track ke-3 dari mixtape D-2 ini. Pertama kali denger langsung fall in love. Hip-hop rap. Ini adalah lagu yang SUGA banget. Agust D banget. Vibes-nya mirip The Last, lagu di mixtape pertama. Lagunya tentang apa?

Haters.

YASSSS EAT UP ALL THOSE HATERS, KING! Entah kenapa dengerin diss-track begini bisa banget menurunkan rasa stress karena kesel sama seseorang. Semakin sadar juga kalo SUGA ini ahlinya bikin diss-track diantara RM dan j-hope. Liriknya nusuk banget di hati. 



So far, here's my fav lyrics from the song; (warning: explicit, swearing words)

"crazy that you'd think my success has a connection to your failure."

Well damn he's right, ini buat kalian para haters atau orang yang dikit-dikit nyalahin orang sukses, nggak sadar akan diri sendiri. Lirik ini lanjutan dari track di mixtape sebelumnya 'Give it to Me' yang mana dia bilang "if you ask me how i succeeded, i really don't have an answer, but compared to you, I slept less and stayed active." he snapped hard.

"woo woo we'll be sure to go to the military when it's time so all the bastard who tried to sell our name our name to freeload us, shut up."

Ini yang bikin kesel sebenernya, netizen-netizen jurnalis k-netz nyebelin selalu tanya-tanya kapan wamil kapan wamil. Fitnah sana sini kalo mereka dapet perlakuan khusus dari pemerintah kalo ngga usah wamil pun ngga masalah. Well, mereka bakal ngelakuin kewajiban itu. Sekalian nyindir buat yang bawa-bawa nama. It's their personal decision.

"i have no fucking interest in those who ask wheter idol music is music."

Kalo yang ini kayaknya... hmm pengen banget rasanya dilempar ke orang-orang, terutama warganetz Indo yang suka beda-bedain musik, merasa lebih superior, anggap kalo lagu dari seorang idol itu bukan lagu. Yang selalu bilang kalo dengerin lagu idol itu cuma didengerin bocah cewek. Haduh, emang ngga ada otak. Padahal cuma masalah selera aja kok, ngaku-ngaku begitu superior.



The King and The Boss. Sword vs Gun.

-
Sebelum semakin marah, mari kita sudahi post ini. Sebenernya pengen bahas lagu yang lain lagi tapi jari dan otak ini sudah panas. Terjemahan lirik ambil dari sini. Please give a listen to D-2 here! Also, the latest BTS rapline song unit "Ugh!" listen here

Or do you have good song about 'haters'? Feel free to write your fav below. 

6 comments:

  1. not one that i know. might try and listen to this one as well.

    ReplyDelete
  2. I have yet to listen to his recent mixtape.

    ReplyDelete
  3. Bukan ARMY sih but i can say im Agust-D fan..? Bener sih daehcwita emang keren abiss! Anyway, lagu ttg haters favoritku itu unhaengilchi by Seventeen (Hiphop Unit)!

    ReplyDelete
  4. The littest mixtape of all time. Daechwita hits me like a truck. I love it soooo so much

    ReplyDelete
  5. apakah kakak ARMY? XD mas sugaaa bias sejuta umat :D

    ReplyDelete

Have something to say? Fire away! Let's discuss together.