2016/12/17

[Ulasan] Saiki Kusuo no Ψ-nan

Sudah lama setelah sekian lama nggak ngepost disini. Mumpung senggang, ada beberapa pertanyaan nih: pernah nggak terpikir untuk punya kekuatan supernatural? Kayak bisa membaca pikiran orang, teleport dengan bebas ke berbagai tempat, hingga bisa memindahkan barang tanpa menyentuh barang tersebut secara langsung? Ternyata ada orang yang punya kekuatan tersebut loh, mari kita ulas!


Title: Saiki Kusuo no Ψ-nan (The Disastrous Life of Saiki Kusuo)
Genre: Comedy, Supernatural, School, Shounen
Duration: 5 min/ep, full episode every week with 24min/ep
Rating: PG-13




Saiku Kusuo no Psy-nan ini adalah salah satu anime terbaik tahun 2016. Walaupun masih underrated di kalangan penonton anime di Indonesia, tapi ini tetap yang terbaik! Terbaik untuk direkomendasikan bagi kalian para penyuka anime komedi.

Ikuti kehidupan Saiki Kusuo, yang sejak lahir sudah diberkahi oleh kekuatan supernatural. Dengan mudahnya bisa membaca pikiran orang lain dalam radius 200meter, bisa mengendalikan pikiran orang, bisa dengan mudah melakukan teleport, dan kekuatan supernatural lainnya. Bahkan, ia bisa mengendalikan dunia dalam beberapa hari bila ia mau.  Karakter utama yang sangat over-powerred.

Namun, itukah yang Kusuo mau? Nggak. Bukan. Dia justru kerepotan dengan semua kemampuan yang dimilikinya, ia tidak pernah merasakan kemenangan yang sesungguhnya, ia tidak bisa nonton bioskop, ia tidak bisa jatuh cinta, ia bahkan tidak bisa merasakan enaknya dapat kejutan di hari ulang tahun. Sedih bukan?



Story dan Plot
Anime komedi tentang sehari-hari memang selalu menarik untuk diikuti. Saiki Kusuo ini juga punya plot yang unik, selayaknya anime yang tayang dengan durasi 5menit, komedi yang dibawa cukup membuat perut sakit. Kisah Kusuo ini bergulir dengan kehidupan sehari-harinya yang penuh petaka dengan keluarga dan teman-teman sekolahnya. 

Tiap episode, pasti ada saja karakter baru ataupun karakter lama yang menjadi main-story, tapi tetep aja, kekuatan supernatural Kusuo jadi kunci utama cerita. Alur bergulir apik hingga episode-episode akhir. Btw, si Kusuo ini, dari awal cerita sampe mau akhir (ulasan ini dibuat sebelum anime-nya tamat) dia nggak pernah ngomong satu kata pun, dia bicara menggunakan telepati.


Character
Karakter adalah poin plus plus plus dalam anime ini. Semuanya flawless, semuanya asik, semuanya bakal berbekas di hati. Dari keluarga, temen sekelas, hingga pesulap jalanan punya karakternya masing-masing, unik banget.

Temuilah Papa (yang hobinya menjilat sepatu bos) dan Mama, pasangan tua yang romantis. Hingga saat ini Kusuo, masih bertanya-tanya, kenapa mereka bisa-bisanya tidak panik dan mengirimnya ke pusat penelitian ketika Kusuo lahir dan mempunyai kekuatan supernatural tersebut.

Berjalannya di udara.

Temuilah Nendou, si bodoh penyuka ramen yang memanggil Kusuo dengan sebutan "aibou" atau yang berarti rekan. Ada satu hal yang Kusuo perhatikan dalam si Nendou Riki ini, ia tidak bisa membaca pikirannya. Kemudian ada juga Kaidou, si chuunibyou penakut yang selalu mengikuti Kusuo. Hario, yang selalu berapi-api, dan juga Kokomi.






Ofu! Kenapa tiba-tiba banyak gambar perempuan cantik berambut biru diatas? Ya, dia adalah Teruhashi Kokomi, gadis canti baik sempurna. Hingga saat ini, hanya Kusuo yang belum "ofu". Kapan ya, kira-kira? 

Banyak pula karakter-karakter tambahan yang emang lucu semua untuk dijelasin satu-satu. Trus, di episode 20-an, ada karakter baru menarik juga yang bakal muncul. Siapakah diaaa.



Music
Soundtrack, maupun opening dan ending anime ini sangat simpel, backsound-backsound kecil pun bisa membuat ngakak. Suka sama opening-nya, bernada ceria.

Voice Actors
Hiroshi Kamiyan sebagai pengisi suara Kusuo memang tidak diragukan lagi. Suara (telepati) Kusuo yang emang cepet dan juga pemikir cocok sama Kamiyan. Komedi feels-nya dapet mirip Yato Noragami dan Choromatsu dari Osomatsu-san.



Ditambah lagi dengan Daisuke Ono, partner Kamiyan yang mengisi suara Nendou. Nggak nyangka awalnya, suara Ono-san waktu ngisi dengan gantengnya buat Sebastian Michaelis, atau Erwin Smith, tiba-tiba jadi bodoh dengan logat "O" "O"-nya Nendou. Pasangan Kamiyan dengan Ono pas lagi ngisi dalam anime yang sama, emang pantes buat diikuti, jadi serasa nonton Durarara!!! atau Shingeki no Kyojin.

Suara yang lain pun bagus, ada Shimazaki Nobunaga, Kayano Ai, Uchida Maaya, dan jejeran seiyuu top lainnya. 

---

Overall, anime ini emang bangus banget untuk ditonton. Sangat menghibur! Selamat menonton. Jadi, apakah masih ingin mempunyai kekuatan supernatural setelah nonton anime ini? Ditunggu jawabannya.

1 comment:

  1. kalo gue sih sukanya anime action kayak sword art online gitu deh walaupun lebih suka drakor

    visit my blog
    http://reddicted-notyo.blogspot.co.id/

    ReplyDelete

Have something to say? Fire away! Let's discuss together.