2015/04/27

[Ulasan] Durarara!!

Hello fellas, long time no see. Terakhir ngeblog udah dari tahun 2013, berhenti karena lupa password blog ini, eh barusan nemu catetan kecil yang isinya mengingatkan tentang password blog ini dan tadaa. Dan berhubung ini liburan habis UN, mau nyoba review tentang anime yang cukup jadul yang barusan ditamatin: Durarara!!


Title: Durarara!!
Episodes: 24 (END) + 2 Special ep *finished airing on 2010
Genre: Action, Supernatural, Comedy, Mistery
Duration: 24min/episode
Rating: R - +17 (little bit violence)

Berkisah tentang kehidupan yang beraneka ragam di distrik Ikebukuro, Tokyo. Durarara!! pada awal mulanya menceritakan tentang Ryuugamine Mikado yang ingin mengubah kehidupannya dari kehidupan desa menuju kehidupan barunya di kota urban, Ikebukuro.

Kida Masaomi, teman Mikado menceritakan bahwa kehidupan Ikebukuro sangatlah tidak biasa, mulai dari adanya legenda urban 'pengendara tanpa kepala' yang berkeliaran di jalan, manusia terkuat di Ikebukuro yang hobi melempar vending machine, seorang informan yang tidak boleh didekati, ataupun penjaja sushi dari Rusia. Juga kelompok yang dianggap mengerikan: The Dollars. 


Story:
Diadaptasi dari sebuah light novel, like, pertama kali nonton Durarara!! ini di awal episode, sempat ragu buat ngelanjutin karena temanya tentang 'gang war' anak remaja, terlalu banyak narasi, dan memiliki banyak unsur supernatural. Tapi lama-kelamaan, its worth to watch! Durarara!! memiliki banyak genre didalamnya dan tercampur secara apik dan menarik, supernatural yang keren (mitologi-nya dullahan juga dijelasin juga disini deh) little bit-violence, roman yang nggak menye-menye, hingga komedi yang bikin ketawa. 

Cerita bergulir lumayan lambat sehingga menghasilkan sedikit plot twist. Setiap episode pun memiliki narator yang berbeda-beda, sehingga 'WTF I don't understand' dan inilah salah satu keunikan dari Durarara!! itu sendiri. Setiap episode memiliki tokoh utamanya (jadi bingung dah, yang mana main chara, yang mana cuma side chara) yang perlahan akan menyatu dan menghasilkan plot yang sama sekali nggak bisa ditebak. Buat yang suke menebak plot cerita, sangat direkomendasikan, karena bakalan tertarik sama endingnya pasti!

Anime ini juga mempersembahkan cerita berformat 'chat room' (ada juga loh di irl, chat room khas ini. Link dibawah deh) yang anggotanya ternyata... ah. Hingga perkelahian geng-geng di Ikebukuro tentang the Dollars, the Yellow Scraft, dan geng Biru Langit. 


Animation:
Diproduseri oleh studio Aniplex, Square Enix, Brain Base, dan segenap produser yang lain menjadikan Durarara!! sebagai anime yang enak dipandang mata, dengan penggambaran yang halus dan lumayan terperinci menjadikan pemandangan kota Ikebukuro menjadi sekeren Jakarta (eaa...)

Ikebukuro town  (top: DRRR!!)

Sound
Durarara!! punya masing-masing 2 opening song dan ending song bertema rock, mencerminkan bahwa isi ini anime emang remaja banget. Dan yang bikin penonton nggak berhenti nonton adalah SOUNDTRACKNYA. I adore it so much, keren banget, siapakah komposernya? Soundtracknya nyampur banget, tapi emang kebanyakan 'dark theme' jadi kalo dengerin malem-malem rada-rada merinding.

Character:
Karakter di Durarara!! emang the best. Dimulai dari warga SMA Raira, Ryuugamine Mikado, seorang yang bosen sama hidupnya di kota, pada akhirnya ia diajak oleh teman lamanya, Kida Masaomi untuk melanjutkan bersekolah di SMA Raira. Mikado pada awalnya terlihat seperti tipe tokoh utama protagonis yang ngebosenin dan canggung. Tapi ternyata seperti yang dijelasin oleh narator, semua orang punya rahasia sendiri. Nah, apa rahasia dari Mikado? Dan temannya, Masaomi, seorang yang ceria, enerjik, hiper, rambut pirang, suka godain cewek, ternyata juga punya masa lalu. Tokoh di SMA Raira ini juga punya heroine, Sonohara Anri. Anri tipikal heroine mainstream yang pendiam (minim ekspresi + pake kacamata) juga ternyata... whaddaya think 'bout her?

Kemudian pindah di jalanan kota Ikebukuro, disana ada seorang informan yang suka bawa-bawa pisau lipat, dan karena gabisa ngelawan perempuan, hobinya nginjek hp perempuan, Orihara Izaya. Izaya-kun ini diceritakan sebagai bad guys (antagonis? mungkin), gaya berpakaian yang keren plus gaya bicaranya yang nyebelin plus ngeselin mungkin membuat karakternya begitu dicintai penonton wanita. Izaya juga salah satu karakter yang semacam 'mempengaruhi psikologis seseorang' disini. Izaya sangat mencintai seluruh manusia, kecuali Heiwajima Shizuo. Shizuo (atau Izaya memanggilnya Shizu-chan) adalah pria berpakaian bartender yang ditakuti karena kekuatannya, ia kerap kali melemparkan vending machine ataupun merusak fasilitas Ikebukuro (penanda jalan, biasanya digunakan sebagai senjata) jika ia marah.. Pekerjaannya adalah penagih utang dengan rekannya, Tanaka Tom-san. Walau begitu, Shizuo membenci kekerasan, sesuai namanya 'heiwa' yang berarti kedamaian. Apakah ada orang yang seimbang dengan Shizuo? Ada. Izaya dan Seymon Brezhnev (biasa dipanggil Simon) seorang penjaja sushi Rusia. Fighting is bad, sushi is good. Russia sushi, delicious yo.

Izaya & Shizuo. They've a little argument.
Izaya yang dilempar tong sampah sama Shizuo. From left: Kida, Mikado, Anri.

Pengendara motor hitam tanpa kepala? Namanya Celty Sturluson. Aslinya ia adalah dullahan yang mencari kepalanya yang hilang di Ikebukuro. Celty tinggal dengan dokter kegelapan, maksudnya adalah dokter illegal yang menangani pasien dari 'dunia bawah' Ikebukuro, Kishitani Shinra. ShinraxCelty disini adalah pairing favorit sepanjang cerita. Kisah mereka ternyata sangat romantis. Misteri kepala Celty ini juga diceritakan dengan kemunculan berbagai karakter seperti, Yagiri Namie, Yagiri Seji, dan Harima Mika. Seji dan Mika ternyata... Dan kepala Celty pun ternyata... 

Shinra dan Celty

Juga ada sebagian kecil  anggota the Dollars (geng yang... misterius). Kyouhei Kadota (panggil saja Dotachin), duo otaku Yumasaki Walker dan Erika Karisawa (pemrakasa pairing ShiZaya), juga si supir yang marah-marah saat mobilnya dirusak, Saburo Togusa, tapi nggak cuma bisa diem waktu Shizuo yang ngerusak mobilnya. Aksi mereka berempat ini keren sekaligus bikin ketawa. Omong-omong, karakter kalo dijelasin panjang lebar nanti jadi spoiler berlebihan, jadi nonton aja sendiri yah. 

Seiyuu:
Pengisi suara kadang menjadi pertimbangan penting buat nonton suatu anime. Karena pada awalnya, saya pun tertarik nonton ini karena seiyuu-nya Shizuo adalah Daisuke Ono (pengisi suara Sebastian Michaelis, Handa, Kokkuri-san, Erwin Smith, and more than 50+ roles). Seiyuu dari rival Shizuo, Izaya juga ternyata Hiroshi Kamiya (pengisi suara kapten Levi, Yato, Akashi, and many more) ternyata Ono dan Kamiya adalah sahabat di irl, lol. Dan juga ada Jun Fukuyama, Hanazawa Kana, Miyuki Sawashiro, Kaji Yuuki, bahkan Mamoru Miyano. They're sharing their voice and it's awesome.

Overall:
Durarara!! sangat bagus untuk ditonton. Plot, karakter, dan musik yang unik membuat anime ini sangat berharga buat dilewat. Emang kurang mainstream, tapi komiknya juga terbit di Indo, kan? Saya kasih score buat DRRR!! ini adalah 8,7 out of 10. 

Shizuo is one of my fav chara.

Durarara!!x2 Shou juga udah tayang loh, winter 2014/2015 kemarin. Ini season dua dari Durarara!! menceritakan tentang Ikebukuro 1,5 tahun kemudian. Disini juga muncul adiknya Shizuo yang seorang artis, adik kembar Izaya yang nyeleneh, temen baru Mikado, gangster Rusia, dan yang lainnya. Total 12 episode dan baru pengenalan masalah baru. Yang selanjutnya? Doakan cepat tayang.

-
Important links:
4. the Dollars chatroom (chatroom yang lain juga ada kayaknya, gugurekasu!)

Thank you.

5 comments:

  1. ova yg season 2 blm ada ya ?? :D

    ReplyDelete
  2. SIPPP!!
    Mau dibookrmark dulu ah

    pas banget aku lagi baru-baru mulai suka anime
    kemaren abis nonton Sword Art Online doooong! ;)
    #Bangga

    Sekarang lagi download Pokemon Black And White dan mau namatin dulu
    targetnya sih minggu ini hihihi

    doozo yoroshiku onegaishimasu!

    ReplyDelete
  3. dari segi gambarnya...tokohnya cukup berkarakter ya

    ReplyDelete
  4. sadis emang grafiknya, nyaman bgt dipandang...
    oalah pantesan ternyata kombinasi Aniplex ama Square Enix. Itu emang sudah tidak diragukan lagi kualitas grafik nya :3

    klo Brain Base belum paham saya.. hehe

    btw, syukurlah bisa nemu catetan kecil berisi password :p
    wkwkwk

    ReplyDelete

Have something to say? Fire away! Let's discuss together.